Jenis-Jenis Bahan Kain Jas Almamater

Jenis-Jenis Kain Jas Almamater


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis bahan kain Jas Almamater, sebelum membahasnya ada baiknya kita mengenal dulu apa itu Jas, kategori jas beserta dengan sejarahnya.
Jas adalah pakaian resmi model Eropa, berlengan panjang dan dipakai di luar kemeja. Setelan jas atau hanya disebut setelan sedikitnya terdiri dari sebuah jas dan sebuah celana panjang yang dibuat dari kain yang sama. Berdasarkan jumlah baris kancing di bagian depan, jas terdiri dari jas kancing sebaris (single breasted) dan jas kancing dua baris (double breasted). Variasi desain jas, model, jenis kain, rompi, dan jumlah baris kancing di bagian depan menunjukkan fungsi sosial dan kegunaan pakaian. Sejak dulu hingga sekarang, jas umumnya dipakai sewaktu mengenakan kemeja berkerah dan dasi. Hingga sekitar 1960-an, pria memakai topi ketika berada di luar ruang.

Seperti halnya semua jenis pakaian, jas dulunya hanya dijahit oleh tailor berdasarkan pesanan. Ketika ingin membuat jas, orang datang ke tailor untuk diukur, memilih bahan dan menentukan model. Sejak Revolusi Industri, jas diproduksi massal dalam berbagai ukuran dan dijual sebagai pakaian jadi. Penjahit misalnya hanya perlu menyesuaikan ujung bawah pipa celana dengan tinggi badan pemakai.

Jas sekarang ini umumnya dijual dalam tiga bentuk :
-Jas dibuat atas dasar pesanan, sebelum bahan dipotong, penjahit membuat pola jas agar pas badan;
-Jas menurut ukuran yang dimodifikasi sesuai ukuran badan pemesan berdasarkan pola dan pilihan kain yang ada;
-Jas siap pakai yang harganya relatif tidak mahal.

Berikut adalah beberapa jenis Kategori Jas yang sering digunakan.

Jas Launs
Jas launs adalah model jas standar yang paling umum, dulunya berasal dari Inggris sebagai pakaian untuk berkegiatan di alam bebas. Bila hanya disebut jas, maka jas yang dimaksudkan adalah setelan jas model standar (jas launs) lengkap dengan kemeja dan dasi, dan biasanya dipakai pria bekerja di kantor. Dalam bahasa Inggris, istilah jacket juga mengacu kepada jas launs (lounge suit) atau jas malam (evening suit), dan bukan pengertian jaket dalam bahasa Indonesia (jaket olahraga atau jaket kulit).

Tuksedo / Tuxedo
Bila dalam undangan disebutkan kode busana black tie, maka pria diminta memakai jas resmi yang disebut tuksedo. Jas diner (dinner suit, sebutan di Britania) atau tuksedo (tuxedo atau tails, sebutan di Amerika Serikat dan Kanada) adalah setelan jas resmi berwarna hitam, bagian belakang jas berbuntut, dan dipakai bersama dasi kupu-kupu hitam dan kemeja putih. Kode busana black tie bukan berarti jas standar warna gelap dengan dasi hitam.
Tuksedo dulunya merupakan alternatif dari mengenakan jas berbuntut (dress coat). Sementara itu, jas yang dipakai bekerja di kantor merupakan pengganti dari jas panjang (frock coat) dan jas pagi (morning coat), atau setelan pagi (morning suit).

Blazer
Blazer adalah sejenis jas santai untuk pria dan wanita yang di bagian saku depan sering diberi lambang dari sekolah atau organisasi, dan sering dipakai sebagai seragam. Dalam bahasa Indonesia, blazer hanya sering mengacu kepada sejenis jas untuk wanita yang dipakai di luar blus atau kemeja dengan bawahan berupa rok, kulot, atau celana panjang.

Jas Almamater
Seiring dengan perkembangan jaman di Indonesia, maka Blazer yang digunakan untuk seragam dikenal juga dengan nama Jas Almamater. Berdasarkan penuturan tersebut, maka Jas Almamater adalah sejenis jas santai untuk pria dan wanita yang di bagian saku depan sering diberi lambang dari sekolah atau organisasi, dan sering dipakai sebagai seragam.

Jas Safari
Jas Safari adalah jas yang bentuk dan bahannya mirip dengan jas resmi pada umumnya, akan tetapi bertangan pendek (short sleeve) namun bisa juga digunakan untuk acara non formal.

Jas Hujan
Jas hujan adalah pakaian tahan air yang dipakai untuk melindungi tubuh dari hujan. Fungsi utama jas hujan untuk meminimalkan masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian. Kebanyakan jas hujan dibuat dengan warna terang untuk memudahkan pemakainya terlihat saat hujan lebat ketika jarak penglihatan berkurang.

Berikut adalah beberapa jenis jas hujan :
Jas Hujan Ponco
Jas hujan sering dibilang jas hujan klebet. Bentuknya sederhana, seperti jubah yang memiliki belahan samping padahal memang sampinya tidak tertutup. Ukurannya bermacam-macam, bila milik TNI bisa panjang kebawah jadi bila digunakan lebih aman karena terduduki maka tidak akan mengibas kemana-mana. Selain sebagai alat pelindung dari hujan ,jas hujan ini juga dapat berfungsi sebagai bivak karena ponco ini terbuat dari bahan tyahan air.

Jas Hujan Overcoat
Jas hujan ini seperti jaket atau mantel. Bila di Indonesia yang bisa digunakan oleh pekerja tambang dan Kepolisian. Bila hujan Polantas memakai Jaket berwarna Putih seperti jaket panjang ke bawah.

Jas Hujan Training / Setelan Bawah dan Atas/ Jaket hujan
Jas hujan ini ada bagian yang digunakan seperti namanya. Dua bagian dimaksud adalah setelan atas berupa jaket dan setelan bawah berupa celana. Biasanya sangat cocok untuk mengendarai sepeda motor Sport.
Sebuah jaket hujan biasanya dikombinasikan dengan sepasang celana hujan. Jas hujan yang pertama dibuat pada tahun 1823 oleh Charles Macintosh. Pada waktu itu jas hujan buatannya adalah berupa dua lembar kain katun yang di tengahnya disekat dengan lapisan karet.

Jas Hujan Rok atau Gamis
Adalah jas hujan model baru yang bentuknya seperti gamis. Jas hujan ini lebih cocok buat perempuan yang lebih banyak beraktifitas menggunakan Gamis atau Rok Panjang.

Jas Mandi
Jas mandi adalah jas yang modelnya tanpa kancing biasanya ditambahkan tali sebagai pengikat dengan model panjangnya selutut atau menutupi kaki dan berbahan handuk (towel).

Berikut kita telah membahas berbagai macam dari jenis Jas yang sering digunakan. Selanjutnya Galeri Konveksi 51 akan mencoba  memaparkan Jenis-Jenis Bahan Kain Jas Almamater pada umumnya.

Macam-macam Jenis Bahan Jas Almamater

JENIS BAHAN KAIN DRILL
Sesuai namanya, jenis bahan kain Drill ini memiliki serat dengan garis-garis miring (nge-drill). Kain Drill umumnya merupakan campuran antara cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal.
Berdasarkan besar kecilnya serat, maka kain ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
• Twill Drill (serat kecil)
• American Drill (serat medium)
• Japan Drill (serat besar). Komposisi bahan cotton lebih banyak dengan poliester yang lebih sedikit sehingga lebih nyaman dipakai.
• Raphael (serat yang lebih besar daripada Japan Drill). Raphael biasanya hanya dipakai oleh produk dengan merk tersebut.
Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan taipan tropical untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill. Bahan ini nyaman sekali dipakai untuk seragam, koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstur untuk bahan ini adalah terlihat dari garis benang  yang jelas.
Berikut adalah jenis nama-nama bahan kain Drill :
[*]American Drill (#1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill)
[*]Japan Drill (2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu)
[*]Inter Coller
[*]Verlando Japan
[*]Nagata Drill
[*]Taipan Drill
[*]Ventura

JENIS BAHAN KAIN HISOFY DRILL
Jenis Bahan Hisofy Drill ini memiliki kualitas di atas nagata drill dan american drill. Dari segi tekstur hampir sama dengan nagata drill bahkan mungkin sulit dibedakan ketika bahan sudah dicuci namun dibanding nagata, hisofy drill lebih lemas dan lembut karena kandungan katunnya lebih banyak dibandinkan dengan nagata drill.

JENIS BAHAN KAIN OXFORD / TROPICAL
Jenis Bahan Oxford/ Tropical ini memiliki spesifikasi bahan tekstur rata tidak seperti drill. Jalinan benang-benang pintalan kain semacam jalinan titik-titik seperti pada pixel dalam resolusi gambar.
Beberapa merk bahan Oxford/ Tropical antara lain :
1. Taipan Topical
2. Maryland
3. Sari Warna

JENIS BAHAN KAIN TWILL
Jenis bahan kain Twill memiliki karekteristik hampir sama dengan bahan Drill, namun bahan ini agak panas bila digunakan.

JENIS BAHAN KAIN TWIST
Jenis Bahan Twist ini memiliki spesifikasi bahan tekstur halus, mengkilap dan terkesan elegan. Biasanya digunakan untuk seragam safari, blazer, jas dan seragam untuk keperluaan indoor lainnya.

Berikut telah kita bahas mengenai jenis bahan jas almamater yang pada umumnya sering digunakan, terutama di dunia konveksi. Bila ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan hubungi Galeri Konveksi 51.

Untuk anda yang membutuhkan Jasa Konveksi Jas Almamater, bisa lihat di Konveksi Jas Almamater Galeri Konveksi 51
   
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
May 18, 2016 at 8:50 AM ×

Thanks for sharing.. Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jaket maupun jas?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung ke blog Galeri Konveksi 51 EmoticonEmoticon

Thanks for your comment