Jenis-Jenis Bahan Kain Wearpack

Jenis-Jenis Kain Wearpack

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Jenis-Jenis Bahan Kain Wearpack Konveksi Bandung. Weapack adalah pakaian yang digunakan sebagai pengaman atau pelindung tubuh untuk meminimalisir dampak atau resiko dari aktivitas pekerjaan yang dilakukan.
Biasanya wearpack ini adalah pakaian safety yang digunakan untuk menutupi seluruh anggota tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Terdiri dari pelindung kepala (helmet), pakaian penutup badan dan sepatu (boots).

Pakaian penutup badan ini terbagi ke dalam dua jenis :
*One piece Coverall
*Two piece wearpack (baju atasan dan celana panjang).

Untuk model dari baju atasan sendiri dapat berupa lengan panjang ataupun pendek.

Secara kegunaan atau fungsi wearpack dibagi lagi menjadi coverall safety dan wearpack biasa. Perbedaan lain dapat kita lihat pada bagian pinggang wearpack ada yang hanya menggunakan bahan elastis dan juga dengan tambahan ban pinggang yang bisa disesuaikan (diperbesar atau diperkecil), model jumlah saku dan resleting, serta penambahan variasi lain seperti tempat pulpen, gantungan buat ID card serta topi atau penutup kepala (hooded coverall) dan lain-lain.Juga dapat ditambahkan elemen-elemen tambahan seperti furing, scotlight dan lain-lain.

Wearpack ini digunakan oleh berbagai profesi khusus dengan tingkat resiko pekerjaan yang tinggi dan membutuhkan alat pengamanan khusus, seperti pekerjaan tambang, pekerjaan outdoor ataupun pekerjaan lainnya yang memiliki tingkat resiko tinggi.

Wearpack pun banyak digunakan oleh profesi khusus yang membutuhkan kepraktisan atau efisiensi dalam melakukan pekerjaannya, seperti teknisi, mekanik dan pekerjaan yang sejenis. Bisa juga digunakan oleh anak-anak sekolah (universitas / kejuruan) yang diwajibkan untuk menggunakan pakaian wearpack. Biasanya pada wearpack model ini terdapat desain khusus atau model pakaian yang disesuaikan untuk membantu mempermudah pekerjaan tersebut.

Berikut ini akan kita bahas beberapa bahan kain wearpack yang sering digunakan dalam dunia konveksi :

JENIS BAHAN KAIN DRILL
Sesuai namanya, jenis bahan kain Drill ini memiliki serat dengan garis-garis miring (nge-drill). Kain Drill umumnya merupakan campuran antara cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal.
Berdasarkan besar kecilnya serat, maka kain ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
• Twill Drill (serat kecil)
• American Drill (serat medium)
• Japan Drill (serat besar). Komposisi bahan cotton lebih banyak dengan poliester yang lebih sedikit sehingga lebih nyaman dipakai.
• Raphael (serat yang lebih besar daripada Japan Drill). Raphael biasanya hanya dipakai oleh produk dengan merk tersebut.
Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan taipan tropical untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill. Bahan ini nyaman sekali dipakai untuk seragam, koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstur untuk bahan ini adalah terlihat dari garis benang  yang jelas.
Berikut adalah jenis nama-nama bahan kain Drill :
[*]American Drill (#1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill)
[*]Japan Drill (2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu)
[*]Inter Coller
[*]Verlando Japan
[*]Nagata Drill
[*]Taipan Drill
[*]Ventura

JENIS BAHAN KAIN OXFORD / TROPICAL
Jenis Bahan Oxford/ Tropical ini memiliki spesifikasi bahan tekstur rata tidak seperti drill. Jalinan benang-benang pintalan kain semacam jalinan titik-titik seperti pada pixel dalam resolusi gambar.
Beberapa merk bahan Oxford/ Tropical antara lain :
1. Taipan Topical
2. Maryland
3. Sari Warna

JENIS BAHAN KAIN TWILL
Jenis bahan kain Twill memiliki karekteristik hampir sama dengan bahan Drill, namun bahan ini agak panas bila digunakan.

JENIS BAHAN KAIN TWIST
Jenis Bahan Twist ini memiliki spesifikasi bahan tekstur halus, mengkilap dan terkesan elegan. Biasanya digunakan untuk seragam safari, blazer, jas dan seragam untuk keperluaan indoor lainnya.

JENIS BAHAN KAIN CANVAS
Jenis bahan kain Canvas ini memiliki tekstur tebal dan berat. Biasanya dipergunakan untuk jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Ketika dipakai biasanya agak gerah karena tebal.

Berikut telah kita bahas sekilas mengenai jenis bahan wearpack yang pada umumnya sering digunakan di dunia konveksi. Bila ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan hubungi Galeri Konveksi 51.

Untuk anda yang membutuhkan Jasa Konveksi Wearpack, bisa lihat di Konveksi Wearpack Galeri Konveksi 51
   
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
July 18, 2016 at 4:08 PM ×

Thanks for sharing.. Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jaket?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung ke blog Galeri Konveksi 51 EmoticonEmoticon

Thanks for your comment