Jenis-Jenis Bahan Kain Kemeja

Jenis-Jenis Kain Kemeja

Jenis-jenis kain kemeja yang sering digunakan pada umumnya adalah Drill. Pemilihan dari bahan kain ini akan menentukan karakteristik dari kemeja itu sendiri. Kemeja adalah sebuah baju atau pakaian atasan yang sifatnya formal ataupun semi-formal, dengan karakteristik memiliki kerah, berkancing, berlengan panjang ataupun pendek dan menutupi tubuh sampai ke perut. Untuk jenis kain kemeja Drill ini terdapat banyak kriteria seperti American Drill, Japan Drill dan lain-lain. Selain dari bahan kain Drill terdapat pula jenis-jenis kain kemeja lainnya yang umum digunakan seperti Oxford, Twist, dan lain-lain. Bila ada perbedaan nama penyebutan dari nama-nama bahan kain tersebut, mungkin saja hal ini terjadi dikarenakan adanya perbedaan pemahaman ataupun penyebutan yang berbeda dari produsen bahan dan manufaktur kain tersebut.

Pada kesempatan kali ini Galeri Konveksi 51 akan mencoba  memaparkan Jenis-Jenis Kain Kemeja tersebut.

JENIS BAHAN KAIN DRILL
Sesuai namanya, jenis bahan kain Drill ini memiliki serat dengan garis-garis miring (nge-drill). Kain Drill umumnya merupakan campuran antara cotton dan polyester. Semakin banyak kadar cotton-nya, biasanya harganya pun semakin mahal.
Berdasarkan besar kecilnya serat, maka kain ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
• Twill Drill (serat kecil)
• American Drill (serat medium)
• Japan Drill (serat besar). Komposisi bahan cotton lebih banyak dengan poliester yang lebih sedikit sehingga lebih nyaman dipakai.
• Raphael (serat yang lebih besar daripada Japan Drill). Raphael biasanya hanya dipakai oleh produk dengan merk tersebut.
Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan taipan tropical untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill. Bahan ini nyaman sekali dipakai untuk seragam, koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstur untuk bahan ini adalah terlihat dari garis benang  yang jelas.
Berikut adalah jenis nama-nama bahan kain Drill :
[*]American Drill (#1860, 1919, Gloria 1788, Victoria 1668, Espero 1616, Putra Mill)
[*]Japan Drill (2860, Suka-suka, Takashimura, Obor, Cap Tugu)
[*]Inter Coller
[*]Verlando Japan
[*]Nagata Drill
[*]Taipan Drill
[*]Ventura

JENIS BAHAN KAIN OXFORD / TROPICAL
Jenis Bahan Oxford/ Tropical ini memiliki spesifikasi bahan tekstur rata tidak seperti drill. Jalinan benang-benang pintalan kain semacam jalinan titik-titik seperti pada pixel dalam resolusi gambar.
Beberapa merk bahan Oxford/ Tropical antara lain :
1. Taipan Topical
2. Maryland
3. Sari Warna

JENIS BAHAN KAIN TWILL
Jenis bahan kain Twill memiliki karekteristik hampir sama dengan bahan Drill, namun bahan ini agak panas bila digunakan.

JENIS BAHAN KAIN TWIST
Jenis Bahan Twist ini memiliki spesifikasi bahan tekstur halus, mengkilap dan terkesan elegan. Biasanya digunakan untuk seragam safari, blazer, jas dan seragam untuk keperluaan indoor lainnya.

JENIS BAHAN KAIN CANVAS
Jenis bahan kain Canvas ini memiliki tekstur tebal dan berat. Biasanya dipergunakan untuk jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Ketika dipakai biasanya agak gerah karena tebal.

JENIS BAHAN KAIN WOOL
Jenis kain Wool ini sangat menyerap air akan tetapi berbahan tebal sehingga jika kena noda akan lebih sulit dibersihkan dan akan menyusut jika cara mencuci dan mengeringkannya tidak benar. Ada juga jenis Lightweight Wool. Untuk Lightweight Wool, sesuai dengan namanya, kain wol ini tergolong ringan dan bisa dipadukan dengan apa saja. Jatuhnya di badan pun enak dilihat. Kelebihannya, kain ini agak ‘bandel’ alias tahan banting (awet). Bahan kain wool cukup tebal sehingga unggul dalam hal menyerap keringat.
Kelebihan jenis kain wool:
– Sangat tebal dan kuat
– Daya serap keringat yang tinggi.
Kekurangan kain wool:
– Bahan lebih terasa panas di kulit
– Noda sangat sulit dibersihkan karena serat yang tebal.

JENIS BAHAN KAIN SATEN
Jenis bahan kain Saten dikenal sebagai kain yang permukaannya mengkilap. Terbuat dari bahan sutera dan biasanya digunakan untuk membuat jubah toga, gaun, lingerie, jaket bisbol, celana olahraga, kemeja, dasi, tas dan sepatu.

Berikut adalah standar ukuran Kemeja yang sering digunakan.


Size Chart Kemeja

Berikut telah kita bahas sekilas mengenai jenis-jenis kain kemeja yang pada umumnya sering digunakan, terutama dalam usaha konveksi. 

Untuk anda yang membutuhkan Jasa Konveksi Kemeja, bisa lihat di Konveksi Kemeja Galeri Konveksi 51
   
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung ke blog Galeri Konveksi 51 EmoticonEmoticon

Thanks for your comment