Jenis Jenis Bahan Kain Kaos


Jenis-Jenis Kain Kaos

Jenis-Jenis bahan kain kaos (Distro Clothing) yang sering digunakan pada umumnya adalah Cotton. Kaos adalah jenis pakaian atasan yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, sampai ke perut dan biasanya berleher bundar, berlengan pendek, tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Jenis kain kaos Cotton ini terbagi ke dalam berbagai macam, namun yang sering digunakan adalah Cotton Combed seperti Cotton Combed 20S, 24S, 30S dan 40S. Selain dari bahan kain Cotton Combed terdapat pula jenis-jenis bahan kain lainnya yang sering digunakan seperti Cotton Carded, TC, Polyester dan Hyget.

Pada kesempatan kali ini Galeri Konveksi 51 akan mencoba  memaparkan Jenis Bahan Kain Kaos (Distro - Clothing) yang sering digunakan.

KATUN COMBED ( COTTON COMBED )
Jenis bahan kain Katun Combed ini disusun dari benang kapas dimana pada saat  pemintalannya / spinning menggunakan mesin combing yang berfungsi untuk membuang serat-serat pendek dari kapas yang tidak optimal pada mesin carding serta telah melalui proses washing sehingga hasil kainnya lembut dan halus. Bahan ini adalah yang terbaik. Biasa digunakan oleh produsen kaos  internasional maupun lokal. Bahan katun combed adalah bahan yang sangat umum dipakai produsen kaos baik oleh merk clothing ataupun merk distro.
Sifat dari Kain Katun Combed :
-Serat benang halus.
-Hasil Rajutan dan tekstur kainnya rata tidak berbulu.
-Kainnya lembut halus sehingga nyaman untuk digunakan.
-Menyerap keringat sehingga terasa sejuk / tidak panas.
-Tidak mudah kusut
-Tidak mudah luntur.
-Mudah untuk proses sablon.

KATUN CARDED ( COTTON CARDED )
Jenis bahan kain Katun Carded ini kualitasnya dibawah Katun Combed biasa disebut juga semi combed. Jenis kain ini disusun dari benang-benang yang berbulu dan masih banyak mengandung serat-serat kapas yang pendek dan belum melalui proses washing.
Sifat dari Kain Katun Carded :
-Serat benang kurang halus (kasar dan kaku) dibandingkan katun combed.
-Hasil rajutan dan tekstur bahannya kurang rata dibandingkan katun combed.
-Menyerap keringat sehingga terasa sejuk / tidak panas.
-Tidak mudah kusut
-Tidak mudah luntur.
-Mudah untuk proses sablon.

*Jenis bahan kain katun combed dan carded menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah terdiri dari serat kapas.

JENIS BENANG
Bila kita mendengar Kain Katun Combed 20S, 24S, 30S dan 40S, maka hal itu adalah berkaitan dengan ketebalan atau gramasi dari bahan kain katun combed. Berikut sedikit penjelasannya;
1. Benang 20S
Biasanya dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos atara 180 sampai dengan 220 Gram/Meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
2. Benang 24S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
3. Benang 30S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.
4. Benang 40 S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

TC ( TETERON COTTON )
Jenis bahan kain TC ini adalah campuran dari 35% Katun Combed  dan 65% Polyester ( Teteron ). Bila dibandingkan dengan bahan Katun, bahan TC kurang bisa untuk menyerap keringat dan terasa agak panas di badan. Kelebihan dari bahan TC adalah lebih tahan dari penyusutan kain (melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali, hal ini dikarenakan adanya bahan polyester yang terkandung didalamnya.

HYGET
Jenis bahan kain Hyget ini termasuk dalam kategori  spandex. Bersifat elastis namun lebih berat dari spandex biasa. Lapisan luarnya terlihat mengkilap. Bahan ini tidak mudah untuk menyerap keringat. Bahan ini terbuat dari plastik,namun lebih tipis. Banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai karena harganya yang sangat murah. Namun bahan ini bisa juga digunakan untuk membuat jersey (baju bola) dari  jenis Super Hyget yang kualitasnya lebih baik.

POLYESTER / PE
Jenis bahan kain Polyester / PE ini terbuat dari serat sintetis (buatan) dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan untuk produk plastik berupa biji plastik. Dikarenakan dari sifat bahan dasarnya tersebut, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas bila dipakai. Terbuat dari butiran plastik sehingga terasa panas di badan dan tidak menyerap keringat. Karakteristik dari bahan ini yaitu:
• Noda minyak dan makan sulit dihilangkan dari bahan ini;
• Polyester lebih kuat dan tahan direndam lebih dari 3 jam;
• Sering dicampur bahan lain seperti viscose, linen dan katun.

Berikut adalah standar ukuran Kaos Distro / Clothing yang sering digunakan.

Size Chart Kaos

Berikut telah kita bahas sekilas mengenai jenis-jenis bahan kain kaos yang pada umumnya sering digunakan, terutama untuk Kaos Distro / Clothing dan juga dalam usaha konveksi. Bila ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan hubungi Galeri Konveksi 51.

Untuk anda yang membutuhkan Jasa Konveksi Kaos, bisa lihat di Konveksi Kaos Galeri Konveksi 51.
   
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung ke blog Galeri Konveksi 51 EmoticonEmoticon

Thanks for your comment