Jenis-Jenis Bordir

Jenis-Jenis Bordir


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis bordir yang sering digunakan dalam pakaian. Sebelum kita membahas mengenai jenis-jenis bordir, mari kita mengenal terlebih dahulu arti dari bordir. Bordir adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. (sumber wikipedia). Bordir ini adalah suatu aplikasi lainnya dari variasi
tambahan pakaian selain dari Sablon. Aplikasi bordir ini sangat berpengaruh terhadap desain suatu produk pakaian. Dalam suatu produk pakaian ataupun fashion kita sering melihat penerapan bordir ini. Bordir ini biasanya diterapkan untuk variasi tertentu seperti logo perusahaan, tulisan-tulisan tertentu dan gambar yang ingin ditunjukkan kekhasannya. Untuk bordir ini daya tahan bila digunakan dalam produk pakaian lebih tahan lama dibandingkan dengan sablon.

Dalam industri konveksi baik konveksi bandung ataupun konveksi daerah lainnya, distro dan clothing banyak menggunakan aplikasi bordir. Bordir biasanya digunakan sebagai pengganti sablon, apalagi bila jenis kain yang digunakan tidak bisa dipergunakan untuk sablon atau terlalu keras.
Bila anda ingin mengenal karakteristik dari jenis bordir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit dari bordir tersebut.

BORDIR KOMPUTER
Adalah proses bordir dengan program sistem komputerisasi yang menghasilkan bordir dengan kualitas baik dan rapih.

TOWEL / HANDUK
Adalah bordir yang hasil akhirnya menyerupai tekstur handuk dan banyak dipergunakan pada jaket-jaket varsity.

BORDIR APLIKASI
Adalah proses bordir dimana terdapat penambahan kain pada bordir yang kemudian direkatkan dengan bordir jumping di sisi kain tersebut. Biasanya menggunakan pilihan kain berikut felt, parasit wp, oscar, kulit, laken dan lain sebagainya.

BORDIR TIMBUL
Bordir timbul ini sering dipergunakan pada media topi snapback.

Berikut penjelasan sederhana mengenai jenis-jenis bordir. Jenis bordir berikut adalah yang sering digunakan pada usaha konveksi. Selain itu terdapat pembahasan mengenai jenis kain dan jenis sablon.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi Galeri Konveksi 51.

Sumber artikel : www.galerikonveksi51.com
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung ke blog Galeri Konveksi 51 EmoticonEmoticon

Thanks for your comment